Peranan komputer dalam pendidikan

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Haii sahabat blogger, kali ini saya mau posting tentang peranan komputer dalam dunia pendidikan. 

Di era modern seperti sekarang ini kemajuan teknologi menjadi faktor penting dalam kehidupan sehari-hari. Karena di zaman ini semua orang pasti menggunakan teknologi baik itu handphone, komputer, kulkas, ac, dll. 

Setiap jenis teknologi pasti memiliki peran baik dan buruk terhadap kehidupan sehari-hari, contohnya handphone / komputer kita gunakan untuk mencari informasi yang ada di internet. Nah jadi setiap teknologi diciptakan memiliki hal positif dan negatifnya. Di dalam dunia pendidikan komputer berperan penting dalam mengola data dan menyimpan berbagai berkas, salah satu contohnya yaitu tugas sekolah dan database siswa. Baiklah untuk lebih jelasnya mari kita simak artikel di bawah ini, selamat membaca guys.

Fungsi komputer sangat tertata dan beragam untuk dapat digunakan dalam aktivitas sehari - hari. Peralatan elektronik ini banyak sekali digunakan oleh berbagai macam instansi pemerintahan ataupun secara pribadi guna mempercepat pekerjaan yang dilakukan.


Di dalam bidang pendidikan, komputer juga mempunyai andil yang sangat besar di dalam memberikan informasi untuk beragam usia. Beberapa fungsi komputer dalam bidang pendidikan diantaranya;

1. Sebagai Sarana Mencari Informasi

Dengan adanya komputer, setiap orang menjadi sangat mudah untuk mencari bahan informasi dalam bidang pendidikan. Contohnya, jika kamu seorang pelajar dan membutuhkan referensi mengenai tugas - tugas yang dikerjakan, anda dapat menggunakan komputer via internet untuk mencari informasi yang diperlukan.

2. Untuk Media Pembelajaran

Dunia pendidikan dapat semakin maju lagi dengan proses pembelajaran menggunakan teknologi komputer. Dimana banyak para pengguna yang dapat melakukan interaksi lebih nyata dan real seperti ketika melakukan presentasi menggunakan infocus. Berbeda jika anda melakukan hal tersebut secara manual, yang tentunya tidak akan tepat untuk memberikan informasi ke seluruh orang banyak.

3. Komputer Sebagai Tempat Penyimpanan Data

Dengan adanya komputer, kita dimudahkan menyimpan berbagai macam data dalam jumlah banyak namun dengan tempat yang lebih kecil. Cara ini lebih efektif ketimbang anda menyimpan data dalam bentuk berkas kertas.

Ketiga fungsi komputer dalam bidang pendidikan diatas adalah sebagian kecil dari manfaat komputer yang dapat digunakan hingga saat ini. Komputer merupakan alat yang semakin berkembang dari waktu ke waktu untuk dapat melayani berbagai macam keperluan setiap orang dengan lebih mudah lagi.

Selain dalam dunia pendidikan, manfaat besar lainnya dari komputer juga dapat anda temukan di dunia pekerjaan, bisnis, individu ataupun sebagai alat bantu penelitian - penelitian yang dilakukan. 


Demikianlah informasi mengenai fungsi komputer untuk dunia pendidikan yang dapat saya informasikan, semoga bermanfaat bagi kita semua. Mohon maaf bila ada kata yang tidak berkenan, kepada allah saya mohon ampun.

terimakasih atas kunjungannya :)

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Comments

Popular Posts